Senin, 26 Desember 2011

KONSUMSI BUAH SEMANGKA UNTUK MENCEGAH KANKER

Buah Semangka merupakan tanaman buah berupa herba yang tumbuh merambat yang dalam bahasa Inggris disebut Water Mellon. Berasal dari daerah kering tropis dan subtropis Afrika.
Terdapat puluhan varietas/jenis buah semangka yang dibudidayakan, tetapi hanya beberapa jenis yang diminati para petani/konsumen. Di Indonesia varietas yang cocok dibudidayakan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu : Buah Semangka Lokal (Buah Semangka hitam dari Pasuruan, Buah Semangka Batu Sengkaling dan Buah Semangka Bojonegoro) dan Buah Semangka Hibrida Impor (dari hasil silangan Hibridasi) yang mempunyai keunggulan tersendiri.
Buah semangka bewarna merah yang kita makan sehari-hari mengandung senyawa antioksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E namanya Likopen. Likopen adalah pigmen merah pada tumbuhan, merupakan senyawa fitokimia yang terdapat dalam tomat, buah semangka dan buah-buahan berwarna merah yang lain. Senyawa ini merupakan golongan karotenoid yang paling umum yang terdapat dalam tubuh manusia. Senyawa ini larut dalam air sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.
Buah semangka memiliki zat kalium dan kadar air dalam jumlah tinggi. Kandungan air dan kalium pada buah semangka tersebut dapat membantu menetralkan tekanan darah. Selain itu, manfaat buah semangka juga dapat memperkuat kinerja jantung dan memperkuat sistem pertahanan tubuh karena semangka juga mengandung antioksidan dan vitamin C.
Khasiat Buah Semangka
Dengan kandungan nutrisinya yang banyak, buah semangka memberikan beragam khasiat untuk beragam masalah kesehatan, seperti dibawah ini :
1. Pembangkit energi
Buah semangka kaya akan vitamin B yang berfungsi untuk menambah energi tubuh. Makan buah semangka sebelum melakukan latihan fisik bisa jadi solusi tepat untuk menambah energi dan menghlangkan dehidrasi.
2. Kaya Antioksidan
Buah semangka kaya akan antioksidan alami yang merupakan sumber baik vitamin A dan C. Buah semangka berwarna merah memiliki kandungan antioksidan karotenoid dan likopen lebih banyak dibanding warna lain. Senyawa ini bisa mengurangi resiko asma, penyakit jantung, osteoporosis, rematik, dan berbagai macam kanker dengan menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa merusak sel dan selaput sel.
3. Anti kanker
Buah semangka kaya akan kandungan likopen yang baik untuk mencegah segala macam kanker seperti, kanker prostat, kanker payudara, kanker paru – paru, kanker endometrium dan kanker usus besar.
4. Meningkatkan kesehatan mata
Makan buah semangka setiap hari secara teratur dapat mencegah rabun senja. Buah semangka kaya akan vitamin A dan betakarotein yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Juga mencegah degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia.
5. Menurunkan tekanan darah
Buah semangka merupakan sumber potasium yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah dan elektrolit yang bisa menjaga keseimbangan asam-basa pada tubuh.
6. Meningkatkan fungsi otak
Buah semangka kaya akan Vitamin B6 yang bisa diserap oleh otak dan membantu otak mengatur pola tidur, menghilangkan stress dan bisa memberikan perasaan tenang dan senang.
7. Meningkatkan kesehatan jantung
Buah semangka mengandung citrulline atau asam amino yang dapat diubah menjadi arginine melalui enzim tertentu yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.
8. Meningkatkan kesehatan otot
Makan makanan yang kaya akan kalium bisa mengatasi ketegangan pada otot dan kram, sehingga mencegah otot dari rasa sakit.
Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan
Beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan:
1. Manfaat kesehatan dari buah semangka yang benar-benar mengagumkan. Buah semangka merupakan sumber dari beberapa antioksidan yang paling penting yang ditemukan di alam.
2. Sumber vitamin C dan juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, terutama melalui konsentrasi beta-karoten.
3. Buah Semangka merah yang indah juga merupakan sumber antioksidan karoten kuat yang disebut lycopene. Antioksidan menjalar ke seluruh tubuh menetralisir radikal bebas. Radikal bebas adalah zat dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan banyak untuk kita. Mereka mampu mengoksidasi kolesterol, sehingga menempel pada dinding pembuluh darah dan menebal mereka yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Lycopene (pemberi warna merah pada buah) yang kita temukan dalam buah semangka dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat.
4. Buah Semangka adalah buah yang kaya elektrolit natrium dan kalium, cocok untuk mengganti cairan tubuh yang biasanya kita kehilangan zat ini ketika berkeringat.
5. Buah Semangka kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk produksi energi. Makanan ahli merekomendasikan buah semangka sebagai sumber yang sangat baik untuk vitamin B6, sumber vitamin B1 dan magnesium. Karena kadar air yang lebih tinggi sekitar sembilan puluh persen dan nilai kalor berada di peringkat lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya.
6. Antioksidan membantu mengurangi keparahan asma. Hal ini juga mengurangi resiko kanker usus besar, asma, penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kanker prostat.

Tidak ada komentar:

Flag Counter

Music Gw!!!

Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
...